Dek..pakailah jilbabmu


De…udah gede qo g pake jilbab sih?” Tanya Saya.

Mmm…iya mas, ntar aja pake nya kalo dah SMA..kan sekarang baru mau masuk SMP !!” Jawab sang adik.

Ooooh…..???? ” Jawab Saya.

Jadi miris hati saya mendengarnya..ketika saya bertanya pada salah seorang adiknya temen. Saya jadi inget bahwa saya juga masih punya adik cewek dirumah. Alhamdulillah adik saya tidak susah untuk saya suruh pake jilbab dirumah maupun ke sekolah.

Saya jadi takut..kalo adik atoupun ummi tidak bisa berhijab dengan hijab yang syar’i. Dulu…terkadang saya dengan sedikit memaksa menyuruh adik saya pake jilbab walopun masih duduk di Sekolah Dasar. Soalnya saya takut kalo tidak dibiasakan dari kecil, nanti kalo sudah gedenya malah susah untuk pake.

Dan memang cara ini cukup efektif, karena justru dengan pembiasaan inilah anak ataupun adik kita menjadi tidak canggung lagi untuk memakainya. Intinya tanamkan bahwa jilbab ini merupakan sebuah kewajiban bagi seorang wanita. Sebagaimana yang tercantum dalam al-Qur an :

وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلَى جُيُوبِهِنَّ

“Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dada (dan leher) mereka.” (QS. An Nur: 31)

Tentunya dengan cara yang baik, dan bertahap…dan yang tak kalah pentingnya adalah berilah contoh dari sang ibu ataupun kita apabila kita seorang akhwat sebagai orang yang pertama kali mengaplikasikan apa yang kita perintahkan pada anak ataupun adik kita. Jangan sampai kebalikannya…ibu nyuruh anak wanitanya pake jilbab, eh si ibu nya malah buka auratnya, dandan menor, terkadang saya juga suka heran ketika naik bus ataupun ketika jalan…melihat ada seorang ibu yang sedang jalan dengan anak wanitanya, ( yang tentunya sudah gede… ) terlihat sangat beda sekali penampilannya…si ibu memakai kerudung dan pake gamis, eh koq anak gadisnya ”gaul” banget yah. Pake jeans sama T-shirt yang ketat..Astagfirullah…gak salah tuh bu ?? Anak gadisnya direlakan untuk ” ditonton ” sama laki-laki ” hidung belang ” – ” buaya darat….” busyett….:D

Yah…memang terkadang semuanya butuh pengorbanan. Ada yang gak mau pake jilbab karena takut gak bisa dapat pekerjaan, takut gak dapat jodoh ( lho?? bukanya seorang ikhwan yang salih ingin mendapatkan seorang muslimah yang salihah yang senantiasa menjaga kehormatannya dengan memakai jilbab syar’i? ) takut dicemooh orang, takut g cantik lagi, (lho…kalau menurut saya justru kalau pake jilbab yang syar’i…kelihatan tambah cantik deh!:D ) memang banyak macam alasan dan syubhat yang sering dilontarkan oleh wanita muslimah jaman sekarang ini untuk menunda melaksanakan kewajiban syari’at yang satu ini.

Nah..sekarang tinggal kewajiban kita ( khususnya para akhwat) untuk istiqomah memakai hijab yang syar’i dan mendakwahkannya, mengajak saudari-saudarinya, ibunya, untuk segera memakai hijab yang syar’i yang sesuai dengan ketentuan dari Allah dan Rasul-Nya.

Saya berdo’a kepada Allah semoga saya dan temen-temen semua bisa tetap istiqomah..insya Allah. Amiin…

Jakarta, 12 November 2007 – Dari Blog saya yang ini

hijab syar'i

hijab syar'i

58 thoughts on “Dek..pakailah jilbabmu

  1. Hmmmm…agak sulit memang
    padahal jilbab yang syar’i itu menghindarkan dari pelecahan. Jilbab gaul sekarang dilihat orang cuma sebagai aksesoris busana semata. Kalo lihat orang pake gamis biasanya agak sungkan.

    weh ternyata blognya banyak juga

  2. @ bu ismi
    jiann..entuk pertamax girange kaya entuk baloonn..
    Bu, mba mahar akad jum’at kiye. Teka ra?

    Adik perempuan saya, meskipun baru 6th..Alhamdulillaah sudah sedikit paham soal hijab.
    Waloupun dgn pemahaman sederhana “kalo gak pake jilbab malu ya mba?”

    • @Tin2: jum’at??ya jelas can not Tin… hubby ora prei😦 r gadang olih ijin bali dwek (aq juga emoh ding balik dwek..)
      salam baen ya,,, “barakallahu laka wa baraka ‘alayka wa jama’a baynakuma fii khoir” gituu…

      oiya tin,olih fertamaxx nyesel banget sumpeeee😥 ora maning2 lah……

      • ealah pake basa planet lagi huahaha
        selain bahasa arab, indo sm sunda dilarang wkwkw
        y sudah jangan pertamax maning lha..
        priben ( lho malah ikut–ikutan hihi )

  3. yup, pake jilbab makin ok
    terjaga dan lebih ‘anggun’, so buat apa malu…
    ayo para muslimah, akhwatifillah…berjilbablah🙂
    oh don4get…istiqomah juga buat yang sudah berjilbab:mrgreen:

  4. kenapa harus malu?
    malah seharusnya kita , perempuan muslim, bangga ,krn telah dapat menjalankan apa yg diwajibkan di agama kita.
    Semuanya khan hanya utk kebaikan kita (muslimah) semata🙂
    salam

  5. temen dree berjilbab dari kecil… di rumah dan di depan orang tuanya berjilbab… kalo dah agak jauhan dari rumah langsung dibuka trus pake rok mini ke kampus…. ckckckck

    dree selalu sedih neh kalo ada yang kaya gini…. ko ada perempuan yang ga menghargai dirinya sendiri…. hiks hiks

  6. ( khususnya para akhwat) untuk istiqomah memakai hijab yang syar’i dan mendakwahkannya, mengajak saudari-saudarinya, ibunya, untuk segera memakai hijab yang syar’i yang sesuai dengan ketentuan dari Allah dan Rasul-Nya.

    ini yg aku suka..

  7. Alhamdulillah saya udah pake jilbab..
    Make jilbab apa ga sebaiknya dimulai dari keinginan hati ya Kang ?
    Ya…tetap wajib diingatkan, tapi kalo dengan kesadaran sendiri itu lebih afdol, menurut saya loooo

  8. setuju banget…
    wanita berjilbab kelihatan lebih cantik…anggun…
    dunia akherat dpt dah…hehe..

    cuma sya ingin tau pandangan penulis tentang wanita bercadar ….
    bagaimana tu menurut anda?

    trims.
    salam.

    • cadar itu sebagian ‘ulama mengatakan sunnah yang dianjurkan dan sebagian mewajibkan..dikarenakan wajah adalah fitnah terbesar bagi pria karena yang dilihat pertama kali adalah wajah..mungkin bapak bisa membacanya di penjelasan para ulama tentang cadar,
      saya setuju dengan wanita bercadar dan semoga saja istri saya nanti memakai cadar🙂

  9. jilbab bukann hanya tudung kepala, tp jilbab adalah hijab wanita yg justru untuk meninggikannya. jika belum mw pk jilbab maka berikan kesadaran bahwa dia itu tinggi dan suci, yg patut dijaga..namun jika blm terbuka hati untuk menerima, biarkan dia berproses…

  10. pokona setuju dech… sekarang tinggal gmanan cara ngajak saudari2 kita pake hijab yg syar’i ga asal nutup ajah… n ga gampang ngikut arus mode zaman skaranx

  11. Alhamdulilah…
    Untung saya udah pake’ jilbab, walaupun agak telat c sadarnya
    he..he..he…

    tpi pic aq yg lama kok ndak bisa diganti ya, padahal foto profilq udah diganti!!!

    • alhamdulillah y mbak..semoga istiqomah g papa terlambat daripada tidak..
      itu diganti nya avatarnya mbak
      selain di setting general
      juga di profil – pengaturan pribadi..coba deh ^^

  12. Salam kenal sebelumnya Kang🙂
    membaca tulisan ini, sy jadi malu hati nih dan nyeeeessel, kenapa teeelaat banget sadarnya, diingatin pake jilbab dari SD sampai gede, menolak dgn alsan klise “sy blm bs menjilbabkan hati sy,dan pakaian sy jg ga gimana2, halah kpn bisanya kalo ga dimulai2”
    tersadarnya setelah anak lelaki yg TK berceloteh hadist tentang malu, Al ha ya u minal iman, malu itu sebagian dr iman, mama ga pakai jilibab. Tertamparnya telak dan KO deh..

    • salam kenal juga mbak ^^
      g papa mbak telat yang penting masih bisa dikasi kesempatan sm alloh ^^
      semoga istiqomah y mbak salma..🙂
      makasih dah berkunjung di blog saya ^^
      anaknya pinter deh
      salam

  13. RE: khususnya para akhwat) untuk istiqomah memakai hijab yang syar’i dan mendakwahkannya………

    .. hmmmmm……….. pantesan ma strisno ga mau hikssss

  14. alhamdulillah pemahaman untuk berjilbab sudah tersebar luas di kalangan wanita Indonesia,,, (berkat syiar & dakwah… :))
    tapi ada juga yang sudah berjilbab tapi dilepas lagi karena tuntutan tempat bekerja…😦

  15. hiks.. aku melakukannya mas..
    niaaat banget dari SMA, tp kenapa belum kesampaian>???

    suka kesel sama diri sendiri, kenapa blum sadar2 juga😦

  16. selamat pagi.

    seringkali saya melihat wanita2 muda berjilbab, namun pakaiannya ketat bukan main.

    ah, rasanya jadi percuma saja.

    terima kasih dan mohon maaf😮

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s