Stress? Naik Tower aja


Bismillah

Kadang saya sering mikir. Kalau saya lagi nonton berita kriminal di tivi. terutama berita tentang peristiwa bunuh diri atau percobaan bunuh diri.  Satu yang ada di fikiran saya waktu itu, hanyalah sebuah pertanyaan yang entah mau saya tanyakan sama siapa jawabannya ( halah ) pertanyaan itu adalah..” Mengapa orang kalau  fikirannya lagi stress tapi nyari solusinya malah pake naik ke tower??saya  bingung. Mengapa harus tower ?? Apa gak ada tempat tinggi yang lain?? semisal monas atau gunung ciremai? tapi setelah saya fikir-fikir. Memang tower adalah salah satu tempat yang bagus dan strategis plus gak ngeluarin duit banyak buat nyobain bunuh diri. Walau ujung-ujungnya gak jadi juga karena memang niatnya cuman buat nyari sensasi dan biar masuk tivi. Hehe😀

Stress. Bukan berarti gila. Banyak sekali penyebab yang bisa menjadikan seseorang menjadi stress. Dan stress juga bukan hanya buat otak, karena stress adalah sebuah reaksi tubuh terhadap situasi yang tampak berbahaya atau sulit. Nah, kita bisa memprediksikan separah apa stress nya seseorang dengan melihat reaksi tubuhnya dalam menyikapi masalah yang dihadapinya. Kalau sampe kepikiran pengen bunuh diri?? Nah udah bisa dibayangin kan gimana parah stressnya? Orang mah pengen hidup seribu tahun lamanya kalau kata istilah. Ini orang malah pengen nyoba mengakhiri hidupnya dengan cara bunuh diri?? GILA kan??😀

Bisa teman teman perhatikan gejala-gejala yang nampak apabila seseorang terkena stress :

  • Menjadi mudah tersinggung dan marah terhadap teman, keluarga dan kolega, kecuali emang udah bawaan dari sononya suka marah-marah dan cepat tersinggung. Biasa..keturunan Preman Tanah Abang.
  • Bertindak secara agresif dan defensif.
  • Merasa selalu lelah. Nah, kalo ini gak cocok banget buat yang bercita-cita pengen jadi kuli panggul.
  • Sukar konsentrasi atau menjadi pelupa. Hmmm..beda kali yah sama yang udah tua alias pikun.
  • Palpitasi atau jantung berdebar-debar. Tapi jangan ngarepin jantung nya gak berdebar lagi. Haha
  • Otot-otot tegang.
  • Sakit kepala, perut dan diare.

Atau malah jadi Komplikasi??

  • Tekanan darah tinggi dan serangan jantung.
  • Sakit mental, hysteria.
  • Gangguan makan seperti hilang nafsu makan atau terlalu banyak makan. Hehe mending saya jadi banyak makan deh, lumayan kan bisa nambahin berat badan.
  • Tidak bisa tidur (insomnia)
  • Migren/kepala pusing.
  • Sakit maag.
  • Serangan asma yang tambah berat.
  • Ruam kulit.

Hmm..perhatiin tuh kalo misal teman teman mengidap salah satu dari gejala-gejala yang saya sebutin diatas, cari penyebabnya semisal :

Kejadian hidup sehari-hari baik gembira dan sedih seperti:

  • Menikah/mempunyai anak.
  • Mulai tempat kerja baru/pindah rumah/emigrasi.
  • Kehilangan orang yang dicintai baik karena meninggal atau cerai.
  • Masalah hubungan pribadi.
  • Pelajaran sekolah maupun pekerjaan yang membutuhkan jadwal waktu yang ketat, dan atau bekerja dengan atasan yang keras dan kurang pengertian.
  • Tidak sehat.
  • Lingkungan seperti terlalu ramai, terlalu banyak orang atau terlalu panas dalam rumah atau tempat kerja.
  • Masalah keuangan seperti hutang dan pengeluaran di luar kemampuan.
  • Kurang percaya diri, pemalu
  • Terlalu ambisi dan bercita-cita terlalu tinggi.
  • Perasaan negatif seperti rasa bersalah dan tidak tahu cara pemecahannya, frustasi.
  • Tidak dapat bergaul, kurang dukungan kawan.Membuat keputusan masalah yang bisa merubah jalan hidupnya atau dipaksa untuk merubah nilai-nilai/prinsip hidup pribadi.

Nah..kalau sudah tahu penyebabnya lalu bagaimana mencegah agar tidak stress ? biar kita gak berlarut-larut dalam satu masalah yang satu saat malah membuat kita sakit, gak sakit badannya aja tapi sakit jiwanya. Hiiiy ngeri kan?? kalau banyak yang stress..kasian. Rumah Sakit Jiwa jadi tambah penuh Hehe. Oke coba tips-tips dibawah ini :

  • Lihat/ukur kemampuan sendiri. Belajar untuk menerima apa adanya dan mencintai diri sendiri.
  • Temukan penyebab perasaan negatif dan belajar untuk menanggulanginya. Jangan memperberat masalah dan coba untuk sekali-kali mengalah terhadap orang lain meskipun mungkin anda di pihak yang benar.
  • Rencanakan perubahan-perubahan besar dalam kehidupan anda dalam jangka lama dan beri waktu secukupnya bagi diri anda untuk menyesuaikan dari perubahan satu ke yang lainnya.
  • Rencanakan waktu anda dengan baik.
  • Buat daftar yang harus dikerjakan sesuai prioritas.
  • Buat keputusan dengan hati-hati. Pertimbangkan dengan masak-masak segi baik atau buruk sebelum memutuskan sesuatu.
  • Biarkan orang lain ikut memikirkan masalah anda. Ceritakan kepada pasangan hidup, teman, supervisor atau pemimpin agama. Mereka mungkin bisa membantu meletakkan masalah anda sesuai dengan proporsinya dan menawarkan cara-cara pemecahan yang berguna.
  • Bangun suatu sistim pendorong yang baik dengan cara banyak berteman dan mempunyai keluarga yang bahagia. Mereka akanselalu bersama anda dalam setiap kesulitan.Jaga kesehatan, makan dengan baik, tidur cukup dan latihan olahraga secara teratur.
  • Rencanakan waktu untuk rekreasi.
  • Tehnik relaksasi seperti napas dalam, meditasi atau pijatan mungkin bisa membantu menghilangkan stress.

Nah..kalau misalkan teman teman udah buntu buat nyari solusinya,  kayanya naik tower bisa jadi pilihan deh. Secara teman teman demen banget manjat-manjat siapa tau aja bisa masuk tivi. Lumayan kan gak jadi bintang iklan. Yah..jadi artis di BUSER juga gak papa kan? Ckakaka.

Sumber dari sini

93 thoughts on “Stress? Naik Tower aja

  1. kayaknya pemilik blog ini lg stresss nehh.. jgn loncat dari tower yah..

    knp foto kang ian nempelin kepalanya ditembok?? itu toh rupanya kang ian.. kemaren balik belakang, skrng udah balik kesamping yah.. besok balik kedepan ya om..:mrgreen:

    om aku 1 hari gak OL dulu.. mau keluar kota nih.. doakan aku yah spy selamat smpe tujuan..😀

  2. Semoga aja si stres pergi jauh2, kelaut aja deh. Kalaupun qadarullah kena stres, kayaknya tower bukan solusi karena tower gak akan ngasih solusi apa2 kecuali tower listrik yang akan ngasih penerangan buat rumah kita.

  3. Kalo di psikiatri stress sampe pengen bunuh diri itu masuk depresi berat. Tapi didiagnosis depresi juga kalo gejalanya udah 2 minggu.
    Kalo waktunya singkat namanya reaksi stress akut. Misal bencana alam, kecelakaan yg menyebabkan keluarganya meninggal trus dia jadi histeris dan berkeinginan untuk menyusul juga..

    Hee..kenapa jadi kuliah..

  4. Kalo saya punya alternatif lain mas , selain tower, yaitu terjun pake paralayang. kebetulan daerah saya adalah dataran tinggi dan selalu menjadi tempat untuk melakukan olah raga yang satu ini

    • haha enteu yang..simkuring mah teu stress..huum ni yang kapan kita ketemuan? kaloa ketemu minta ditraktir nya ku yangputri anu baik hati dan cantik sekali kaya nini nini eh salah bidadari😀

  5. jauhkan diri dari stress dengan cara :
    maen pees
    maen bola
    maen pees lagi
    maen bola lagi

    ga stress deh

    :p

    jangan manjat tower! ntar dikira maling kabel. hahaha

    • asal naik towernya buat refreshing biar dapet udara yang lebih seger… n stressnya bisa ilang…
      stress mungkin terjadi karena kurangnya kedekatan kita kepadaNya… dah itu saja kuncinya, penyebabnya bisa yg kek ian sebutin di atas

  6. kebetulan 3 minggu ini byk kerjaan yg bikin saya stress..sedikit masalah dalam dunia pribadi saya, tp alhamdulillah tidak ingin menggunakan jalan pintas dalam mengatasi ini…

    salam, ^_^

      • Gimana Pak… Nih, saya mau lapor. Ada adek yang namanya Kang Ian, kerjaannya itu ya kayak gini ni, tiap hari ngeledekin Cempaka, terus Mbaknya sendiri malah ngebilangin Mbaknya stress padahal Mbaknya cuma nanya emang Pelupa itu termasuk tanda2 stres….Eh, si adek malah jawabnya gitu…. Nambah stres deh jadinya😦

      • aduh itu mah bukan kerjaan saya..soryy ye mbak hihi..
        y g tau mbak mel..saya kan bukan dokter😀
        saya cuma kasih saran aja mbak hehe siapa tahu berguna😛

  7. Laporrr
    pertamax diamankan gan…

    (belum ada yang pertamax di artikel ini soalnya)

    Whaa judulnya bikin geger aja…

    • udah bosen bunuh orang..pindah ke bunuh diri siapa tahu bisa nyelesain masalah yang ada pas buka mata ditanyain sama malaikat kubur g bisa jawab karena semalam g belajar😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s