Sujud atau Enggak?


Bismillah

Tadi saya sholat Maghrib dan Isya berjama’ah di Masjid Al Furqon yang biasa saya sholat berjama’ah disana. Dan ketika di raka’at pertama sang imam entah baca surat apa karena kurang jelas setelah baca surat Al Fatihah itu ( Imamnya bapak bapak yang sudah tua ) tiba tiba di pertengahan surat ia sujud tanpa rukuk. Saya yakin semua jama’ah kaget tapi semua ikutan sujud deh, kalau saya sih tahu pasti ini sujud tilawah cuma saya kurang begitu hapal imam ini baca surat apa karena saya berada di shaft pertama paling pinggir.

إِنَّمَا جُعِلَ الإِمَامُ لِيُؤْتَمَّ بِهِ فَإِذَا كَبَّرَ فَكَبِّرُوا وَإِذَا سَجَدَ فَاسْجُدُوا

Sesungguhnya imam itu untuk diikuti. Jika imam bertakbir, maka bertakbirlah. Jika imam sujud, maka bersujudlah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Setelah itu imam bangkit lagi dan meneruskan bacaannya, rakaat selanjutnya  sih normal.😀 dan yang menjadi masalah adalah kadang jema’ah ini suka bingung dan bertanya tanya apalagi yang awam, koq imam langsung sujud gitu. Itu sujud apa yah? Yang ada malah jadi gak konsen deh sholatnya. Apalagi imam setelah sholat gak ngasi penjelasan tentang sholatnya barusan.

Nah inilah salah satu bukti bahwa penerapan sunnah itu haruslah dibarengi dengan penjelasan dan adaptasi terlebih dahulu supaya ummat ini tidak kaget karena keberadaan ummat islam sekarang ini masya alloh jauh sekali dengan syari’at agamanya sendiri jadi harus sering sering banyak ngasi penjelasan kepada mereka.

Baiklah disini saya akan sedikit menjelaskan Apa itu sujud tilawah. Sujud Tilawah adalah Sujud yang dilakukan ketika kita membaca atau mendengar Ayat Al Quran yang ada ayat Sajadah nya.

Sepuluh ayat yang disepakati sebagai ayat sajadah

1. QS. Al A’rof ayat 206
2. QS. Ar Ro’du ayat 15
3. QS. An Nahl ayat 49-50
4. QS. Al Isro’ ayat 107-109
5. QS. Maryam ayat 58
6. QS. Al Hajj ayat 18
7. QS. Al Furqon ayat 60
8. QS. An Naml ayat 25-26
9. QS. As Sajdah ayat 15
10. QS. Fushilat ayat 38 (menurut mayoritas ulama), QS. Fushilat ayat 37 (menurut Malikiyah)

Empat ayat yang termasuk ayat sajadah namun diperselisihkan, akan tetapi ada dalil shahih yang menjelaskannya

1. QS. Shaad ayat 24
2. QS. An Najm ayat 62 (ayat terakhir)
3. QS. Al Insyiqaq ayat 20-21
4. QS. Al ‘Alaq ayat 19 (ayat terakhir)

Satu ayat yang masih diperselisihkan dan tidak ada hadits marfu’ (hadits yang sampai pada Nabi) yang menjelaskannya, yaitu surat Al Hajj ayat 77.

Banyak sahabat yang menganggap ayat ini sebagai ayat sajadah semacam Ibnu ‘Umar, Ibnu ‘Abbas, Ibnu Mas’ud, Abu Musa, Abud Darda, dan ‘Ammar bin Yasar.

Nah apabila kita ketika membaca atau mendengar ayat yang saya sebut diatas, maka disunnahkan bagi kita untuk bersujud. Baik itu dalam sholat maupun di luar sholat / dalam tempat yang memungkinkan untuk sujud pastinya (Lihat pembahasan ini di Shahih Fiqih Sunnah, 1/454-458)

Sujudnya 1 kali dan seperti sujud dalam sholat, menurut apa yang saya baca disini, tidak ada hadits shahih tentang bagaimana bacaan ketika sujud tilawah. Jadi apabila sujud tilawahnya ketika sholat maka yang dibaca adalah bacaan sujud yang sudah ma’ruf / dikenal. Dan apabila diluar sholat maka dia diam saja dan tidak membaca apa-apa. Wallahu’alam..

Untuk beberapa permasalahan mengenai Sujud Tilawah ini silakan merujuk kesini

85 thoughts on “Sujud atau Enggak?

  1. Komen pertamax-kah? damang kang Ian?
    Setelah lama off akhirnya sy bisa kembali BW.. ALhamdulilah.

    Nuhun infonya kang, sy juga pasti bingung kalo ngalamin kajantenan sapertos kitumah…

  2. Tadi pas berkunjung kesini, awalnya bingung, tulisannya mana nih. But, akhirnya nyampai juga.
    Memang bagi aku yang orang awam (yang pengetahuan agamanya masih abal2)kadang bingung juga kalau ada imam melakukan sesuatu yang diluar rukun dan syarat sholat. Dalam hati sering berpikir, ini imam salah atau nggak ya. Tapi daripada sok tahu, lebih baik aku ikutin imam itu aja. Aku yakin pasti pengetahuan agamanya sudah oke sampai ia ditunjuk jadi imam oleh orang2.

  3. hehehe,,,, dulu pernah juga QK waktu masih lum ngerti” amat…
    ya walaupun sekarang juga tetep gag ngerti” amat…. hehhe
    waktu itu QK baru tau klo pas shalat witir malem ke 16 tuch pake doa qunut gitu…
    kaget,,,, tetep ngikutin sich… tapi malah jadi ga konsen… apalagi seperti kata kang ian… tuch imam kagak ngasih penjelasannya:mrgreen:

    HIDUP!!!

    • hehe y kewajiban imam adalah sebagai pemimpin dalam sholat
      hendaknya ia memberikan penjelasan kepada jema’ah sekiranya dalam pelaksanaan sholatnya ada sesuatu yang beda dari biasanya yang jema’ah belum tahu hukumnya
      makasih kika🙂

  4. Mungkin karena kurangnya ilmu dan hafalan Qur’annya kang. Kalau ditempat saya ada bebrapa imam yang sering baca ayat sajadah. Sebelum sholat dimulai dia kasih tau kalau nanti ada baca ayat sajadah pada rakaat ke sekian. Jadi makmum gak kebingungan.😀

    • harusnya si seperti itu mas🙂
      biar jema’ah g bingung..sering mas imamnya kaya gitu yang ada jema’ah pada ngelamun deh kalao dah kaya gitu hehe
      makasih mas edi ^^

  5. Yang saya dapati biasa justru kebalikannya Kang, imam baca ayat sajadah tetapi malah tidak sujud tilawah…. padahal kalau Jum’at subuh selalu sujud tilawah karena memagn imam biasanya khususkan baca surah As Sajdah di Jum’at subuh itu.

    • ya sebenarnya sih tidak wajib banget hingga yang gak baca jadi dosa, tapi lebih ke adab terhadap ayat ayat khusus yang ada dalam al-quran ^^
      kayanya memang imamnya harus ditraining dulu ^^
      makasih masdin🙂

  6. Tah di dieu kaidah ushulfiqh peryogina teh. Imam anu tangtosan elmuna langkung jembar sakedahna ngartos kana kaayaan makmum. Dina kaidah ushul aya kaidah yen anu langkung seueur mangpaatna kedah dicandak batan nu seueur madaratna.
    Dina kajantenan di luhur, upami mah makmum janten kacow alatan tindakan imam mangka jelas imam anu tanggal waler kana eta masalah. Janten kacow sadayana.
    Masalahna kieu: Suju tilawah nalika maca ayat sajdah hukumna sunah. Sedengkeun solat magrib tea eta khukumna wajib. Jelas di dieu kedah dipentingkeun nu wajib batan nu sunah. Daripada solat anu wajib alatan ngalaksanakeun nu sunah, mangka jelas langkung sae ngantunkeun nu sunah (teu kedah sujud tilawah) supaya anu wajib (solat magrib) henteu ancur.

    Kitu tah numutkeun analisis sim kuring mah Kang🙂

    • ahahaha leres pisan kang..
      sakedahna mah kitu..eta teh nyebabkeun konsentrasi jema’ah kaganggu..komo deui upami imamna teu masihan terang heula.. ^^
      haturnuhun kang parantos nambihan komentar di dieu
      urang share w lah alhamdulillah🙂
      barokallahu fika
      haturnuhun..

  7. aq juga punya pengalaman kek gtu waktu ikut shalat tarawih di masjid di buraidah… ya ngikut aja… secara pengalaman pertama n masih canggung… arab semua bo’ isi jama’ahnya

  8. saya juga pernah mengalami hal ini hehe,memang ikutin aja imamnya deh,soalnya benar salahnya ditanggung imam kok,kita mah cuma pengikut,makanya jadi imam itu memang lebih berat tanggung jawabnya🙂

    • iya bener itu mas..ma’mum g nanggung kesalahan imamnya..
      tapi selayaknya imam memberi penjelasan kepada jema’ah agar tidak terjadi salah faham🙂
      makasiiih

  9. nice post..
    waktu prajab kemarin, pas solat subuh, imam solatnya ngumumin dulu kalo nanti di pertengahan surat bakal ada sujud tilawah..

    cara kaya gitu mungkin bisa diterapin, alih2 para makmum jd bingung.😉

    • betul gan..😀
      memang semuanya juga butuh sosialisasi dulu
      orang peraturan pemerintah aja harus disosialisasikan dulu
      apalagi yang datangnya dari Alloh dan Rasul-Nya
      mari sebarkan sunnah🙂

  10. iya pernah juga seperti itu
    pertama agak kaget, tapi inget tentang sujud tilawah, jadi langsung ikut

    btw agak kagok dengan STICKY page di depan

    • 🙂 itulah salah satu sunnah yang ada dalam membaca al quran🙂
      haha iya maaf maskur ^^
      lagi pengen seperti itu🙂
      makasih atas kunjungannya ya…
      salam

    • 🙂 sebenarnya ada dalam 2 hadits do’anya tersebut..tapi kata para ‘ulama hadits itu derajatnya lemah jadi g dipake🙂
      makasih atas kunjungannya ^^

  11. Sebenernya saya tau tentang sujud tilawah ini, cuma ga hapal surat yang mana. Kalo sholat sendiri juga mungkin ga baca surat yang ini. Dan selama jadi ma’mum juga belom pernah ada imam yang baca surat yang ada sujd tilawahnya (takut jama’ahnya kaget kali ya….karena banyak yang sholat sambil nglamun hihiiii)
    Btw…terimakasih sharingnya…

    • 🙂 surat nya seperti yang saya sebutkan mbak🙂
      iya mbak..hendaknya diberi tahu dulu ^^
      sama sama semoga bermanfaat
      dan terima kasih juga atas kunjungannya
      salam🙂

  12. sudah tahu tentang sujud ini,
    tp belum pernah dpt pengalaman sewaktu sholat,
    mungkin krn emang gk pernah ke masjid..

  13. Selama ini saya hanya mengaplikasikan sujud ketika saya baca Al-Quran. Selama shalat d masjid, saya belum pernah mengalami imam yang membaca surat2 itu.🙂

  14. mengenai sujud tilawah memang semasa sy dijw barat jarang diakuakan selama 20 tahunan sy kl tdk salah cuma sekaali mendapaati sujud tilawah ketika itu lagi salat subuh padahal kita di sunahkan membaca surah sajjadaah di setiap salat subuh jumat dan pasati itu akan ditemui ayat sajjdah yg mengaruskan untuk sujud tilawah dimana pd subuh jumat tu di sunnahkan pada rakaat pertama membaca surta assajdah p ada rakaat kedua surat al insan itu sunnah lo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s