I don’t know what to do..


Pernahkah kita merasakan hidup yang kita jalani terasa sangat membosankan? Jawabannya sering. Dan mungkin, hanya sedikit orang yang begitu menikmati apa yang dia lakukan dalam hidup ini. Sebenarnya bagaimanakah cara agar hidup yang kita jalani ini bisa selalu kita nikmati? Jauh dari rasa jenuh dan tentunya semua kemudahan menghampiri kita. Jawabannya tentu kembali ke diri kita masing-masing, karena walau bagaimanapun juga kita sendiri lah yang memanage kehidupan kita dan tentunya semua tanggung jawab atas apa yang kita lakukan, diri kita sendiri lah yang menanggungnya. Mau itu baik ataupun buruk, pasti semuanya akan mempengaruhi kehidupan kita di masa sekarang dan tentunya masa depan nanti.

Maka dari itu..mulai saat ini kita harus pintar memanage hari-hari kita, walau saya akui..untuk memulai semua itu sangat sulit. Coba saja, terkadang kita itu terlalu sibuk sehingga kita merasa 1 hari yang kita lalui itu sangatlah kurang sekali untuk kita, tapi seringkali juga kita merasa 1 hari kita berjalan begitu lambat. Detik demi detik terasa begitu lama berjalan, kita hanya stagnan diam di tempat and I don’t Know What to do…

Memang ini sangat menyangkut sekali dengan yang namanya manajemen hidup, bagaimana kita mengatur setiap detik waktu kita. Mau berjalan penuh dengan manfaat ataukah dengan kesia-siaan. Dan sayangnya, kebanyakan dari kita melewati hari-harinya dengan penuh kesia-siaan. Entah disadari ataukah tidak, setiap detik yang kita lalui dengan kesia-siaan telah menghilangkan setiap kesempatan kita untuk menjadi lebih baik, menjadi lebih pintar dan lebih bermanfa’at buat diri kita sendiri maupun buat orang lain.

Mungkin, kata-kata ini akan menjadi cambuk bagi saya sendiri, untuk segera menyadari arti pentingnya setiap detik waktu kita. Bukan hanya untuk kehidupan dunia kita saja tentunya, tapi juga untuk kehidupan akhirat kita  nanti. Tak dipungkiri..kadang ketika kemalasan menyelimuti kita, apa pun yang ingin kita lakukan terasa berat dan semuanya menjadi seperti beban  yang memberati punggung. Tapi sejenak kita merenung, sebenarnya apa yang kita cari dan apa yang kita tuju? Hidup ini hanya sementara. Jadi layakkah jatah usia kita menjadi bias-bias tak bermakna..

Bercerminlah….

— Sedikit berfilosofi walaupun tak mengerti—

90 thoughts on “I don’t know what to do..

  1. Duh kang ian ini sepertinya udah perlu untuk istirahat sejenak dari keseharian deh.

    Aku dulu pernah mengalami kang… merasa bosan padahal dipikiran sepertinya banyak sekali yang kudu dikerjakan. Akhirnya gak ada yang dikerjakan sama sekali. Tiap hari pengiinya uring-uringan mulu…

    Dulu aku lampiaskan dengan wisata alam kaya naik gunung atau nginep di pantai… malam-malam mainan di pantai… melupakan semua…

    Atau saat naik gunung asyik dengan beratnya medan jalan…
    dan sepulangnya pikiran dah fresh lagi…

  2. Hidup selalu berputar kang,keep smile🙂
    Jadi inget kata kakek buyut: mnfaatkan waktu sehat sblm tiba wktu sakit,mnfaatkan wktu muda sblm tiba wktu tua,yg trakir sprti kata kang ian,mnfaatkn wktu luang sblm tba wktu sibuk…
    Makasih kang pencerahannya ,-

  3. Sama saja sih. Aku juga sering mengalami hal itu. Tidak tahu apa yang harus dilakukan. Semuanya tampak tidak jelas dan salah aja. Walhasil, hanya rasa kesepian dan perasaan kosong yang hadir dan semakin membuat diri kita tenggelam dalam kekhawatiran yang berlebihan😥

  4. mulailah tuk menyibukkan diri,, jangan sampei diri ini terlalu lama dalam kesia-siaan. kerna orang yang suka melamun gajebo lebih mudah didekati syaithan..

  5. hmmm….bias-bias tak bermakna

    seperti saat-saat menjelang penulisan skripsi yang penuh dengan kemalasan dan ogah-ogahan.

    artikel ini cukup mengingatkan saya, semoga ke depan lebih efektif memanagement hidup.
    🙂

  6. Ya….baru kemarin sore saya berpikir tentang ini. Intinya kalu pas ingat saya langsung ambil langkah seribu untuk doing something dan sebisa mungkin tidak membiarkan waktu berjalan begitu saja dan kita menjalani hidup hanya dengan bernafas….:)

  7. waktu memang cepat berjalan, semakin kesini semakin cepat… melakukan hal2 yang berarti, walau sekecil apapun saya pikir itu lebih baik daripada menyia2kan waktu…🙂
    trimakasih

  8. jujur saja, untuk yg satu ini sy juga masih kesulitan..
    selalu butuh contoh, pengingat dan penyemangat

    smg tak sia-sia setiap detik yang kita lalui. amin

  9. Hidup kadang membosankan kang, jenuh, males sering menghinggapi, dll….
    kadang juga kehidupan masa depan (akhirat) terlupakan oleh geperlapnya dunia…
    Dulu salah satu tujuan sy ngeblog adalah refresing… tapi lapa-lama bloggig juga menjemukan, sekarang aktivitas blogging mulai dikurangi….

    Pemanfatan waktu dgn efektif & efesien harus selalu diupayakan, walau prakteknamah sering teu sesuai sareng nudirencanakeun…

    *komena nyambung henteu kang?*
    Wilujeng beraktifitas kang…

    • ya kan g ada sesuatu di dunia ini yang bakalan abadi kang..pasti fana..sesuatu yang terasa mengasyikan juga nanti bisa terasa membosankan..salah satunya blogging🙂
      semoga kita selalu diberikan semangat itu y kang..
      nuhun ah..wilujeung oge kang..🙂

  10. eh, banner vote?

    aku juga mau buat ah😀

    waktu emank gag boleh disia-siakan, tapi… rasa malas yg terasa begitu nikmat menjadi salah satu penghambat..

    • hehe ikutan juga yah ^^
      mmm malas malasan bentar g papa sih istilahnya refresh otak n tubuh tapi jangan kelamaan nanti malah keterusan malas ngapa ngapain🙂
      makasih ya..

  11. wah bener tuh kang ian, terkadang emang bener waktu terasa sedikit dan kurang klau kita butuh itu waktu, tapi terkadang sangat lamban…

    sampai2 allah berfirman
    “demi masa, sesunguhnya manusia itu benar2 dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat-menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat-menasehati supaya menetapi kesabaran”.

    waktu yang diberikan allah sudah pas, sudah tepat, jadi jangan meminta waktu lagi kepada allah.🙂 agar manusia pandai dalam memenaj kehidupanya..

    (duh sok dewasa banget dhillah heheh😛 )

      • hahahaha…. berfilosophi…. aku sendiri kagak tau kang kok bisa keluar kata – kata itu,,, wkwkwkwkwk…..
        if u dont know what u have to do, just do something useful, like eat, sleep, watching TV, clean your room, or scratching your head…. wkwkwkwkw…..
        becanda kok kang…..:mrgreen:

  12. saya masih belum mengena tentang “cara menikmati” hidupnya di artikel ini, mas… lebih tepatnya mungkin “cara mengatur” hidup kita…
    😀

  13. Don’t know what to do??
    hehe jangan khawatir Kang Ian
    saya juga pernah merasakannya
    bahkan ketika diatas meja kerja saya
    bertumpuk pekerjaan yang harus diselesaikan🙂
    seperti juga komputer mungkin perlu di restart
    atau minimal di refresh
    begitu juga diri kita ini
    jalani saja dengan ikhlas
    pasti akan kembali bersemangat
    ^^

    • 🙂 mmm kayanya kita memang perlu penyegaran y mbak ketika otak kita udah full content xixi
      makasih y mbak lyn atas masukannya🙂
      salam buat keluarga dan sukses selalu ^^

  14. iya nih, managemen waktu sangat penting, karena aku merasa waktu seperti berlari sekarang, cepet banget! tapi ternyata cukup sulit mengatur waktu…

  15. Semoga masa-masa selanjutnya menjadi demikian berarti dengan menyadari keberadaan diri kita di sini (dunia yang sementara), Amiin ya Rabbal’alamiin, Trim’s🙂

    Salam,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s