Obrolan Tentang Sutrah


Disebuah Masjid, setelah sholat isya berjama’ah dan sholat ba’diyah, seseorang menghampiri Kang Ian..

Assalamu’alaikum..wah Kang Ian gimana kabarnya? Sapa seseorang itu yang ternyata Pak RT sambil mengulurkan tangannya.

Wa’alaikumussalam..Eh Pak RT..Alhamdulillah baik Pak.. Jawab Kang Ian sambil tersenyum dan menjabat tangan Pak RT.

Selanjutnya disingkat lagi Kang Ian : K, Pak RT : P

P: Alhamdulillah bisa ketemu lagi..baru pulang kerja langsung ke masjid yah?

K: Iya Pak..biasalah..perjalanannya lumayan ni dari kantor tuh, pulangnya mampir dulu beli oleh-oleh buat istri…hehe

P: Wah pengantin baru emang harus kaya gitu hehe..saya juga dulu gitu koq😀 eh koq jadi curhat…

K: Wah masa pak? Hehe saya harus belajar ni sama Pak RT kalau gitu..

P: Haha..Kang Ian bisa aja, itu mah dulu..udah beda jamannya juga. Eh ngomong-ngomong mengganggu gak ni kalau ngobrol-ngobrol?

K: Hehe..gak papa pak..silakan..

P: Alhamdulillah kalau gitu mending Kang Ian mampir ke rumah saya dulu aja yah bentar, sekalian silaturahmi gituh..gantian kan kemarin saya yang silaturahmi ke rumah Kang Ian..ada Pisang sama Kacang Rebus tuh dapat dari Kebun tadi siang..enak loh😀

K: Wah boleh-boleh..bentar ya pak saya mau sms istri saya, takut nyariin..dikiranya nanti malah main ke rumah Janda hehe..

P: Hahaha…iya silakan. Emang begitu seharusnya..maaf ya kang jadi meminta waktunya..

K: Hehe gak papa kali Pak..kapan lagi lah..udah tu pak, istri saya udah bales..tafadhal katanya..dia juga lagi masak buat makan malam nanti..

P: Bagus deh..bentar aja koq..yuk Kang Mari..gak enak ngobrol-ngobrol di masjid..

K: Iya pak…silakan Pak RT duluan..

Tak lama kemudian, Kang Ian dan Pak RT sudah memasuki rumah

Lanjut Halaman 2

43 thoughts on “Obrolan Tentang Sutrah

        • udah di email kan..
          tambahin kata nextpage duh jadi ilang kalao ditulis kode lengkapnya di komen..potong aja tapi masuk ke tampilan html nya dulu..
          kalau upload mp3 g bisa soalnya harus di hosting sendiri g bisa di wp.com kecuali harus di upgrade dulu spacenya n bayar jadinya

  1. saya juga pernah tuh kalau salat sunah kan saya suka taro Tas saya didepan saya sebagai sutrah,.. tapi setelah salat kadang ada orang yang nanya, “kenapa mas mesti taro tas di depan tempat salat sih?”
    ya sudah saya jelaskan seperti yg apa kang ian jelaskan,.🙂
    semangat kang!^^

  2. Assalamu’alaikum,

    1. shaft pertama, tepat belakang bahu sebelah kanan imam, itu posisis favoritku dan alhamdulillah, sering mendapatkan posisi ini

    2. mohon berbagi ilmunya untuk membuat halaman, karena sepertinya postingan saya juga membutuhkan hal ini

    3. mohon berbagi ilmunya untuk membuat scroll untuk blogroll dll,

    4. terima kasih ilmunya, segalanya

    Wassalamu’alaikum

  3. Obrolannya pake ketawa2 gitu yah, “Hehehe” :D…

    Sebetulnya kebanyakan masyarakat belum paham tentang masalah sutrah ini. Biasanya kalau sholat dengan jamaah yang duduk di depan sebagai sutrah pindah tempat, terus orang yang shalat melangkah ke depan sampai mendekati sutroh yang lain, orang-orang pada ngeliatin gak ngerti… bilangnya kok ada orang sholat sambil jalan😀

  4. sutrah setinggi pelana kuda/unta, itu kira2 seberapa ya?? klo biasanya di masjid kampus cuma memanfaatkan barang seadanya, ex. buku, jam tangan, kacamata

    sutrah pada hakikatnya digunakan untuk mencegah agar orang lain tidak lewat di depan orang yang lagi sholat

    bagaimana dg barang2 kecil spt kacamata? apakah sudah disebut sebagai sutrah, dimana asumsi jamaah yg sholat disana, barang2 tersebut sudah bisa digunakan untuk mencegah orang lewat di depannya ketika sholat.

    terimakasih…

    • ya mbak bisa perkirakan saja..mbak pernah melihat pelana kuda kan? ^^..
      yang sekiranya orang tahu bahwa kita sedang sholat dan menghadap sesuatu..
      ya itu tadi kalau bisa ya mendekati tiang, tembok atau hijab..bisa dengan barang-barang yang besar..semisal tas dll..
      terima kasih atas komentarnya🙂

  5. serus kang ian dah nikah…??
    wah kapan itu…??
    selamat atu kang kalau gitu….

    wah baru beberapa hari ga ngeblog dah ketinggalan berita neh ….
    hehehe…

    salam n selamat buat pengantin baru….

  6. wah makasih yaa kang buat artikelnya jadi tau sekarang gimana hukumnya orang yang melwati org lagi shalat… ternyata dosanya besar juga yaa

    nice post kang ian🙂

    (nunggu artikel selanjutnya neh, wah kalau begini terus jadi enak menemani bulan puasa😛 )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s