Agar Sholat Khusyu


Bismillah

Sering kita mengeluh bahwa sholat yang kita lakukan selalu saja tidak bisa kita lakukan dengan khusyu. Mengapa ini bisa terjadi? Padahal kita sudah melakukan sholat selama bertahun-tahun, tapi kita tidak pernah tahu berapa kali sholat kita yang dilakukan dengan khusyu dan diterima oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Syaikh Muhammad bin Sholih al-Utsaimin ditanya tentang masalah ini: ” Bagaimana cara kita khusyu’ ketika sholat dan ketika membaca al-Quran dalam sholat atau di luar sholat?”

Beliau menjawab :” Khusyu’ adalah inti dalam sholat dan puncaknya. Arti khusyu’ adalah menghadirkan hati dan memalingkan hati ke kanan dan ke kiri. Apabila seseorang merasakan ada sesuatu yang memalingkan dia dari kekhusyuan dalam sholat maka berlindunglah kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk, sebagaimana hal tersebut diperintahkan oleh Rasulullah. Karena tidak diragukan lagi bahwa setan akan terus berusaha merusak semua ibadah, terutama sholat yang merupakan ibadah paling afdhol setelah dua kalimat syahadat. Setan datang membisikkan kepada orang yang sedang sholat, “Ingatlah ini dan ingatlah itu”. Setan pun berusaha menggoda orang yang sedang sholat agar berangan-angan (mengkhayalkan) perkara-perkara yang tidak ada faedahnya, dan terkadang angan-angan itu hilang dari pikirannya setelah selesai sholat.

Oleh karena itu, hendaklah seseorang mencurahkan kesungguhannya ketika menghadap Allah Ta’ala. Dan apabila ada angan-angan dan was-was (di hati), maka berlindunglah kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk, baik ketika ruku’, tasyahud, duduk atau lainnya.

Dan diantara sebab-sebab yang paling utama untuk meraih kekhusyuan ketika sholat adalah dengan menakdirkan hati dan merasa berada di hadapan Allag dan sedang bermunajat kepada-Nya.” (Lihat Fatawa Arkanil Islam 322)

Sumber: Majalah Al Mawaddah

22 thoughts on “Agar Sholat Khusyu

  1. Maka dari itu setelah kita shalat sering dianjurkan utk sering-sering istigfar, krn kita adalah hamba yg kadang dalam shalat sering “dosa” kepada-NYA🙂

  2. Subhanallah🙂
    Ingin rasanya merasakan Ke Khusyuan dalam melaksanakan Ibadah Shalat dan lainnya …

    Semoga kita semua senantiasa bisa khusyu dalam melaksanakan ibadah shalat dan ibadah lainnya .
    aamiin yaa allah

    Terima Kasih untuk Ilmunya

  3. cara bisa selalu khusyu’…sebelum solat fardu silahkan lakukan solat sunat kobliah atau solat sunat sukrul wudhu atau solat sunat lisubutul iman
    insya Allah solat wajibnya bisa khusyu’…
    dan jangan lupa sebelum solat lakukan atur pernafasan iringi sirry lafal Allah, dan kurangi keluar masuk pernafasan. (mengku nafas/ tahan nafas)

  4. memang sholat khusyu adalah hal yang sulit, pasti kita pernah mengalami yang namanya tidak foksu saat sholat, astaghfirullah…..

  5. yg tau sejauh mana tingkat kekhusyu’ an itu hy Alloh SWT,, mau ty,,ada suatu ungkapan bhwa jik seseorng muslim msh melakukan tindakan yg keji dan mungkar,, atau bertentangan dg syariat,, berarti sholatnya belum bener,,, apa ini bs di indikasikan atau sebagai bahan penilaian manusia bahwa sholatnya belum khusyu’?

  6. Saya sedang belajar untuk khusyu’ setiap sholat. Dapat petunjuk dari ustadz Abu Muawiyah di web al-atsyariyyah.com, untuk membantu supaya bisa khusu’ dalam sholat adalah berusaha memahami makna bacaan yg kita baca waktu sholat. Alhamdulillah bisa membantu saya untuk khusyu’ walaupun kadang2 suka lupa dan pikiran kemana2. Tapi memang tidak mudah untuk khusyu’.:)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s