Yasin apa Al Kahfi?


Bismillah

Dulu..waktu saya kecil, saya kan suka diajarin mengaji tiap habis maghrib. Tapi g tahu kenapa pas malam jum’at koq ya orang orang pada baca Surat Yasin yah. Hmm sebenarnya kenapa harus dikhususkan malam jum’at itu baca surat yasin? Kan Surat di Al Quran itu banyak.

Emang ada sih hadits yang bunyinya seperti ini :

إن لكل شيء قلبا, وإن قلب القرآن (يس) , من قرأها فكأنما قرأ القرآن عشر مرات

“Sesungguhnya segala sesuatu memiliki hati, sedang hatinya Al-Qur’an adalah Surat Yasin. Barang siapa yang membacanya, maka seakan-akan ia telah membaca Al-Qua’an sebanyak 10 kali”. [HR. At-Tirmidziy dalam As-Sunan (4/46), dan Ad-Darimiy dalam Sunan-nya (2/456)]

Tapi Hadits ini adalah hadits maudhu’ (palsu), karena dalam sanadnya terdapat dua rawi hadits yang tertuduh dusta, yaitu: Harun Abu Muhammad, dan Muqotil bin Sulaiman. Karenanya, Ahli Hadits zaman ini, yaitu Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albaniy -rahimahullah- menggolongkannya sebagai hadits palsu dalam kitabnya As-Silsilah Adh-Dho’ifah (no.169).

Ini saya gak ngelarang untuk baca surat yasin loh..Kan semua surat dalam al quran itu bagus. Tapi apabila suatu ibadah yang tidak ada keterangannya di dalam al quran dan hadits dijadikan sebuah ritual yang seakan ada perintahnya semisal mengkhususkan membaca surat Yasin di malam jum’at, maka nanti malah jatuhnya ke dalam perkara bid’ah loh.

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mendahului Allah dan Rasul-Nya dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (Al-Hujurat: 1)

“Barangsiapa yang membuat-buat sesuatu yang baru dalam urusan (agama) kami yang bukan berasal daripadanya, maka semua itu tertolak.” (Shahih, HR. Al-Bukhari dan Muslim dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha)

Nah lalu apa dong yang disunnahkan di baca sewaktu malam jum’at itu? Ada..yaitu Surat Al Kahfi. Ini dia haditsnya

Dari Abu Said Al-Khudri radhiallahu anhuma dari Nabi shallallahu alaihi wasallam bahwa beliau bersabda:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنْ النُّورِ مَا بَيْنَ الجُمْعَتَيْنِ

“Barangsiapa yang membaca surat Al-Kahfi pada malam jumat maka dia akan diterangi oleh cahaya antara jumat itu hingga jumat depannya.” (HR. Al-Hakim dan Al-Baihaqi dalam Syuabul Iman, serta dinyatakan shahih oleh Al-Albani dalam Shahih Al-Jami’ no. 6470)

Bagaimana? lebih milih yang disunnahkan atau yang enggak disunnahkan? Pembaca tentu sudah bisa menentukan dari keterangan yang saya cantumkan.

Wallahua’lam…

Terima kasih dan Salam

Sumber hadits dari sini dan sini

62 thoughts on “Yasin apa Al Kahfi?

  1. Duh…dari judulnya kiraiin cerita horor, ternyata…
    Bagus lho penjelasan diatas. Jadi lebih tahu lagi nih pengetahuan agamaku. Oke…saya nilai ya tanda bintangnya

  2. Jadi maksudnya sunnah baca surat Kahfi kalo malam jumat ya ?
    Tapi baca surat apa aja boleh kan ?
    Saya juga ga paham kenapa tiap malam jumat orang selalu ngajinya surat Yasin….
    Btw…tadinya saya kira cerita horor…hehe..

    • betul mbak wulan..seperti itulah yang ada di haditsnya🙂
      boleh lha..hehe tapi kalau sesuatu ibadah ada contohnya dalam al quran dan hadits tentunya itu lebih utama🙂
      hahaha bukan mbak..xixi g nyambung yah ^^
      makasih y mbak atas kunjungannya

  3. wew…kirain misteri apa tadi…
    hmm…menarik nih,,
    saya baru tau loh ada hadist yang asli dan palsu segala..hm…jadi bingung e..
    saya biasanya tiap malam ga ada mengkhususkan baca surat apa, yang jelas habis sholat baca al-Qur’an..
    hmm…ntar mlm mungkin bisa dipraktekkan baca surat Al-Kahfi

    • hihi.. ^^ cuma judul aja uni🙂
      iya uni..para ulama hadits mengelompokan hadits dari sanadnya hingga lahirlah adanya pembagian derajat hadits..ada shahih, hasan, maudhu, dll
      semoga bermanfaat..alhamdulillah ^^
      makasih uni atas kunjungannya🙂
      salam

  4. iyaa kang bener, bid’ah (mengada-ada dalam agama) bukan ya itu,,
    kang ian lebih tahu lah bahasanya,,

    kan al quran itu indah di stiap surat pun hurufnya, jadi jika ndak ada tuntunan harus membaca surat apa di hari apa, yaa yang dibaca dan dipelajari seluruh al quran aja, ndak dikhususkan ke hal hal yang lain..

    bagus ni postingan yang ini, ndak kayak yang laen :p

    • hehe kan udah saya bilang mbak..semua surat dalam al quran itu bagus ^^ boleh saja..asal tidak merutinkannya..karena bisa menjadi sebuah bid’ah wallahua’alam..
      makasiih

    • iya dree..syarat amal diterima itu ada 2..yaitu ikhlas dan tata caranya sesuai sunnah..jika salah satunya g ada maka akan gugur juga keutamannya🙂 wallahu’alam…

  5. Terimakasih IAn krn telah berbagi hal yg indah dan bermanfaat ini.
    namun begitu, alangkah lebih baiknya kalau kita tetap mentadaburi Al-Quran tidak hanya pd malam jum’at saja, tapi setiap hari.🙂
    Salam

    • sama sama bunda..
      bukan pada malam jum’at saja maksud saya..tapi saya hanya mengingatkan tentang apa yang sering terjadi dalam masyarakat kita..bahwa seharusnya kita mengetahui ilmu dalam setiap amalan supaya tidak sia sia
      tentunya membaca al quran lebih baik dilakukan setiap hari ^^
      salam

  6. Kalo menurut saya mungkin karena hari jum’at adalah sayyidul ayyam, jadi kalo istilah jawa bilang “Ngalap barokah”..heehee. Selain itu mungkin masih mengikuti adat jaman dulu, para muballig menyebarkan islam melalui acara2 ritual adat dll…
    Yg penting niatnya “gag musyrik” gt aja deh…hehehehe:)

    • betul hari jum’at itu hari yang mulia, tapi alangkah baiknya adat yang tidak sesuai dengan syari’at tidak usah untuk dikerjakan..mengutamakan yang sunnah dan disyari’atkan itu lebih utama kan? wallahua’alam
      makasiih🙂

  7. pemilihan judulnya yang bagus kang😀
    btw,, QK baru tau ini tentang ini,,, lho… koq mbulet ini… ehehehe:mrgreen:

    Jadi kenapa waktu itu mereka bilangnya surat Yasin ya, maksud QK apa alasannya gitu🙄

  8. Ian….Untuk hadits yang pertama, belum pernah dengar tuh…
    Btw, pembelajaran lg, setiap sesuatu itu harus didasarkan dgn dasar yg jelas. Yang itulah yg harus diikuti bukan….

  9. kang ian sedikit info, pernah baca sebuah buku, klw baca surat al-kahfi setiap habis shala fardhu, maka di waktu kiamat dimana dajjal muncul, maka kita akan di lindungi oleh Allah SWT.. allahu’alam bishawwab… ^_^

    • betul mbak..ini haditsnya ^^

      “Selain Dajjal lebih aku takutkan (menimpa) kalian. Karena jika Dajjal keluar dan aku masih ada di antara kalian niscaya aku akan menjadi pelindung kalian. Jika dia keluar ketika aku telah tiada maka setiap muslim akan menjadi pembela dirinya sendiri. Allah yang akan menjaminku membela setiap muslim. Dia adalah seorang pemuda yang sangat keriting, matanya tidak ada cahayanya, aku mengira dia mirip dengan Abdul ‘Uzza bin Qathan. Barangsiapa di antara kalian mendapatinya bacalah awal surat Al-Kahfi. Dia akan keluar dari jalan antara Syam dan Irak, berjalan ke kiri dan ke kanan. Wahai hamba-hamba Allah, istiqamahlah.” (HR. Muslim no. 2937)

  10. saya udh tau kl bc yasin mlm jumat bidah, makanya sy ga yasinan lg sm ibu-ibu dimlm jumat dan sy baca alkahfi dirumah saja, tp skrg ada jg y bilang dg tegas kl hadis tentang mbaca alkahfi dimlm jumat dibilang hadis palsu jg, wadduhh,,,bingung aku..jgn2 smua ibadahku bidah smua……

  11. Assalam wr. wb. Tanya ustad di MASJID MANA yang jamaah dan imam dalam masuk, di dalam masjid dan sholat jamaahnya menurut sunah, mohon aku di kasih tahu. Soalnya saya menemuknya. (rata2 manut karepe dewe rumangsa pinter dewe, MAZAB SAMA HADIST DI ANUT MAZABNYA) wasalam wr.wb. Mohon maaf bila saya salah

  12. mav ya tapi bg org2 yg dri kecil’y sdh di didik oleh gru maupun ortu’y mmbca surat yasin tiap mlam jum’at, ap itu hrus dilnjutkan atau brhenti dn hnya mmbca surat kahfi sj.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s